Kirim banyak email dan pesan whatsapp dalam format teks, gambar, suara, atau dokumen sekaligus menggunakan Google Sheet

Panduan Penggunaan

  1. Buat dokumen Google Sheet seperti contoh berikut ini https://docs.google.com/spreadsheets/d/14-mQuwPVWlhy_of3wec0WH2Yxk70Z5uFBMh5ycDbfNA/edit?usp=sharing
  2. Download WhatSheet, untuk linux & mac bisa langsung melalui terminal sebagai berikut:
    windows 64 bit: https://jeffry-luqman.com/download/whatsheet-win64.exe
    windows 32 bit: https://jeffry-luqman.com/download/whatsheet-win32.exe
# linux 64 bit
wget https://jeffry-luqman.com/download/whatsheet-linux64 && mv whatsheet-linux64 whatsheet
# mac 64 bit
curl -OL https://jeffry-luqman.com/download/whatsheet-mac64 && mv whatsheet-mac64 whatsheet
  1. Khusus linux & mac, ubah permission file tersebut menjadi executable dengan menjalankan perintah sudo chmod 755 whatsheet lalu masukan kata sandi linux / mac Anda.
  2. Jalankan WhatSheet. Untuk windows cukup double click file tersebut, sedangkan untuk linux & mac dengan menjalankan perintah sudo ./whatsheet setelah itu WhatSheet akan otomatis terbuka di browser.
  3. Klik tombol Hubungkan ke Google dan pilih akun Google yang kamu gunakan untuk membuat dokumen google sheet pada point 1 dan klik Izinkan / Allow.
  4. Jika Anda ingin mengirim pesan whatsapp juga, maka Anda perlu login ke akun whatsapp Anda dengan meng-klik tombol Hubungkan ke WhatsApp lalu scan QR Code yang muncul menggunakan aplikasi whatsapp Anda.
  5. Salin url dokumen google sheet yang Anda buat pada point 1 ke field spreadsheet url.
  6. Isi spreadsheet range yang ingin digunakan (opsional), default nya Sheet1!A2:E
  7. Klik tombol Cek Data Spreadsheet untuk mendapatkan data acuan pengiriman email atau pesan whatsapp di dokumen google sheet yang telah Anda tentukan di point 7 dan 8.
  8. Klik tombol Kirim untuk mengirim email atau pesan whatsapp sesuai dengan data yang telah didapatkan dari point 9.

Tips

  1. Gunakan nomor whatsapp yang sudah digunakan secara normal lebih dari 30 hari (berbalas pesan secara pribadi maupun di grup, simpan data kontak, menggunakan whatsapp web, dsb)
  2. Pastikan penerima pesan mengenal kita atau menginginkan untuk dikirimkan pesan dari kita
  3. Hindari mengirim pesan masal / spam yang tidak diinginkan oleh penerima pesan kita
  4. Hindari mengirim pesan yang 100% identik ke banyak nomor

Kebijakan Privasi

Karena Anda menggunakan aplikasi kami, kami ingin Anda mengetahui dengan jelas cara kami menggunakan informasi dan cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi privasi Anda.

Kami sama sekali tidak mengumpulkan data Anda atau mengirimnya kemanapun ketika Anda menggunakan aplikasi WhatSheet, namun kami perlu menginformasikan kepada Anda bagaimana aplikasi WhatSheet bekerja dan menggunakan data Anda.

Perolehan Data

WhatSheet membutuhkan beberapa data atau izin untuk dapat digunakan:

  1. Data di dokumen google sheet yang ingin Anda gunakan.
  2. Mengirim email dari akun google Anda.
  3. Mengirim pesan whatsapp dari nomor Anda.

Dengan menekan tombol Hubungkan ke Google, lalu masuk atau memilih akun google Anda hingga menekan tombol Izinkan / Allow, maka Anda memberi izin kepada aplikasi whatsheet dapat mengirim email dari akun google Anda dan mendapatkan data dokumen google sheet Anda.

Dengan menekan tombol Hubungkan ke Whatsapp dan scan QR Code yang muncul, maka Anda memberikan izin kepada aplikasi whatsheet untuk dapat mengirim pesan whatsapp dari nomor Anda.

Dengan menekan tombol Cek Data Spreadsheet, maka Whatsheet akan mengecek data dokumen google sheet Anda dan menyimpannya di perangkat yang Anda gunakan sebagai acuan pengiriman email atau pesan whatsapp. Whatsheet hanya mengecek data dokumen google sheet Anda sesuai dengan spreadsheet url dan spreadsheet range yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Penggunaan Data

Whatsheet menggunakan data dokumen google sheet Anda sesuai dengan spreadsheet url dan spreadsheet range yang Anda tentukan sebagai acuan pengiriman email atau pesan whatsapp sehingga Anda bisa mengirimkan banyak email atau pesan whatsapp sekaligus sesuai dengan yang telah Anda siapkan pada dokumen google sheet tersebut.

Penyimpanan Data

Whatsheet sama sekali tidak menyimpan data Anda dimanapun selain dari perangkat yang Anda gunakan sendiri untuk menjalankan aplikasi whatsheet. Data Anda ada ditangan Anda.

Terakhir dimodifikasi: 13 November 2020

Categories: Tools